Info Otomotif, Kenali Perbedaan Jenis Mesin Mobil Dari Segi Konfigurasi

Sebagai salah satu kendaraan paling banyak digunakan, mobil mempunyai jenis mesin beragam. Ini mendukung performanya sehingga dapat melaju di jalanan dengan kondisi bermacam-macam.

Dalam dunia otomotif, mesin menjadi fokus pembahasan, seperti dilihat dari sisi konfigurasinya. Sebagai pecinta mobil, Anda wajib mengetahuinya sebagai wawasan baru.

Jenis-Jenis Mesin Mobil Dilihat Dari Segi Konfigurasi

Dalam kendaraan seperti mobil, mesin menjadi komponen utama penggerak. Dengan adanya ragam jenisnya, maka performa setiap kendaraan akan sangat berbeda-beda pula.

Buat Anda yang ingin membeli kendaraan roda empat tersebut, harus mengetahui macam-macamnya supaya tidak salah pilih. Berikut daftar dan penjelasannya.

Silinder V

Jenis pertama adalah Silinder V. Dari sisi konfigurasinya, mesin satu ini mempunyai kekuatan mumpuni dengan adanya ruang pembakaran udara banyak serta kapasitas bensin luas.

Seri-serinya biasanya disebut dengan V6, V8, V10, dan seterusnya. Dimensi Silinder V sangat compact sehingga dapat mengeluarkan tenaga besar. Biasanya dipasang di mobil dengan performa premium.

Flat

Flat Engine mempunyai nama lain yaitu Boxer dimana mempunyai keunikan tersendiri. Hal tersebut dikarenakan peletakan silindernya adalah mendatar/horizontal.

Cara kerjanya dapat dijelaskan seperti petinju yang sedang bertarung saling memukul satu sama lain. Keunggulannya adalah mampu melakukan handle secara baik dan sangat halus.

Sejajar

Jenis sejajar atau inline merupakan yang paling umum dipakai di sebagian besar mobil. Penempatannya sejajar sesuai namanya. Keunggulan engine ini adalah desain compact serta lebih hemat bahan bakar.

Selain itu, dalam perawatannya juga mudah. Namun, kekurangannya adalah membutuhkan ruang mesin panjang, seperti pada seri inline-6.

Rotary

Dari segi konfigurasi, Rotary Engine mempunyai nilai performa tinggi dibandingkan lainnya. Rasio bobot kekuatanya sangat baik dan besar. Movin part di dalamnya juga sedikit sehingga lebih compact.

Mesin ini mempunyai cara kerja dengan menggunakan oli pada housing rotor. Oleh sebab itu, penting untuk selalu mengecek kondisi oli.

Itu dia ulasan dunia otomotif tentang jenis-jenis mesin pada kendaraan, khususnya mobil. Anda bisa menjadikannya sebagai wawasan baru sehingga mempunyai gambaran sebelum memilih yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.